Terdapat 44 Tamu online   ||   lulluare...! Sekarang hari :

 


Selamat datang di Website Kampung Mandar Sulbar Indonesia.      Diberitahukan bahwa telah dibentuk komunitas baru kami, Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar. Bagi yang ingin berbagi tulisan ataupun lainnya, silahkan gabung bersama kami atau hubungi kontak admin pada bagian bawah web ini.
Lokasi Anda : Home Artikel Kampung Jawa di Polewali Mandar

Tampil : 7689 kali.

Kampung Jawa di Polewali Mandar


Imigran yang baru tiba di Mapilliriver, Mandar.
Foto ini disalin dari Situs Web Tropen Museum Belanda (Pemotretan sekitar Tahun 1937)

Namanya Wonomulyo, tapi masyarakat Polman lebih senang menyebutnya sebagai Kampung Jawa. Di daerah ini, bahasa Jawa adalah bahasa keseharian masyarakatnya. Ketoprak, wayang dan Campursari juga sering dipentaskan.

Menurut sejarahnya, Wonomulyo sebelum terbentuk menjadi sebuah pemerintahan adalah wilayah yang diperintah dalam kekuasaan Distrik Mapilli dan Distrik Tapango sebagai daerah Swapraja.

Wonomulyo sebelumnya adalah hutan belukar dan kemudian dibuka untuk lahan pemukiman dan lahan pertanian. Sebelum kedatangan penduduk dari pulau Jawa melalui Kolonisasi (Transmigrasi) dipimpin oleh kepala rombongan yang bernama R.Soeparman.

Kedatangan penduduk dari pulau Jawa bertahap dari tahun 1937 sampai dengan tahun 1941 berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Dengan perubahan kondisi hutan menjadi daerah pemukiman sekaligus melahirkan nama Wonomulyo yang berarti dan Kawasan Hutan yang melahirkan kebahagiaan, kemuliaan, kemakmuran.

Wonomulyo dalam bahasa Jawa yang terdiri atas dua suku kata yakni: Wono yang berarti hutan dan Mulyo yang berarti Mulya. Seiring dengan berjalannya kehidupan para transmigran maka pada tahun 1940 dibentuklah Wonomulyo menjadi Kecamatan dan didirikan pula Poliklinik dan Masjid Raya. Setahun itu, kemudian dibangunlah irigasi Gamo-Gamo yang luas wilayah mengairi area mulai dari dusun Lamongan sampai dusun Kebunsari yang bertujuan untuk meningkatkan bidang pertanian.

Kedatangan R.Soeparman bersama rombongan juga disertai beberapa tenaga terampil di beberapa bidang seperti tenaga pengajar (Guru), Tenaga Kesehatan yang dikepalai oleh R.Subaker, bidang pertanian (Land Baw) yang dikepalai oleh R. Sukiran dan bidang pertanahan dikepalai oleh Tahalele yang pada waktu itu dikenal dengan sebutan Mentri Ukur dan sejumlah bidang lainnya. Sehingga sangat menunjang usaha perbaikan kehidupan kearah yang lebih baik untuk para warga kolonisasi (Transmigrasi) ketika itu.

Wonomulyo pada waktu itu membawahi wilayah kampung, Sidodadi, Sumberjo, Sidorejo, Bumiayu, Kebun Sari, Nganjuk, Nepo, Simbang, Kebumen.

Sebelum kolonisasi (transmigrasi) datang di wilayah ini semua sarana telah disiapkan antara lain Rumah Jabatan Asisten Wedana (Camat). Pendopo (Balai Pertemuan, Selapan-selapan (tempat pertemuan selama tiga puluh lima hari) Bedeng-bedeng (gudang-gudang penyimpanan makanan), bibit dan perkakas pertanian, Poliklinik, Lapangan, Pasar, tanah Lanbau (perkebunan) yang sekarang digunakan sebagai pasar ikan.

Pesangrahan artinya tempat untuk peristirahatan, menginap, tempat singgah tamu-tamu dari propinsi lain.

Untuk mengabadikan nama dari R. Soeparman, maka namanya digunakan sebagai nama jalan dan pasar di Wonomulyo.

Seiring berjalannya waktu, kini Wonomulyo menjadi pusat perdagangan dan pertanian di Kabupaten Polman. Dengan itu, maka Wonomulyo juga menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat lain (suku lain).

Dengan luas wilayah 72,82 km, kini Wonomulyo dihuni oleh 45.858 ribu jiwa.

Menurut Camat Wonomulyo, Sakinah bahwa di Kecamatan Wonomulyo dihuni oleh berbagai macam suku bangsa.

“Di sini ada suku Jawa, Mandar, Bugis dan Toraja, dan mereka berbaur dengan rapi,” kata Sakinah.

Hal yang membuat pembauran suku dengan kehidupan yang saling menghargai tersebut, masih berdasarkan keterangan Sakinah, bahwa di Wonomulyo sernua suku terwadahi dengan porsinya masing-masing, disamping ada proses pembauran melalui perkawinan silang antar suku.

Kalau dari bahasa dan cara berbicaranya, di Wonomulyo kita akan kesulitan membedakan mana orang Mandar, orang Jawa, ataupun Bugis, karena rata-rata warga Wonomulyo menguasai beberapa bahasa dari suku lain. Adalah hal yang wajar, ketika warga Wonomulyo berbicara, maka akan muncul beberapa bahasa. Misalnya pertanyaannya menggunakan Bahasa Jawa, maka lawan bicara tidak akan canggung menjawabnya dengan Bahasa Bugis, dan mereka saling mengerti!.

Namun ada hal yang menarik di Wonomulyo meskipun mereka berbeda suku, tetapi identitas mereka(termasuk suku Jawa) masih terjaga, ini terbukti dengan budaya, adat, dan kebiasaan orang Jawa yang masih dilakukan.


oleh Ulya Sunani

disalin dari warta Kominfo Polman Tahun VI 2012

 

Comments 

 
#1 Tommuane Mandar 2013-07-09 04:03
wah, infonya sangat padat, menjelaskan tentang wonomulyo, ayo maju terus website-website seputar "Mandar"

salam,
Tommuane Mandar
Quote
 
 
#2 kata kata mutiara 2013-07-19 20:28
mantabs nih
Quote
 
 
#3 Nasrul mandar 2013-07-22 18:42
salam kenal admin dan teman-teman
mantap dan sangat detail pas dengan masa sekarang saya juga tinggal di kampung jawa
Quote
 
 
#4 ardam to tubo 2013-08-22 03:27
Quoting Nasrul mandar:
salam kenal admin dan teman-teman
mantap dan sangat detail pas dengan masa sekarang saya juga tinggal di kampung jawa :lol:

setelah mmbaca sejarah jadi passalili a mating kappung mandar
Quote
 
 
#5 Thalyb Tj @thalybtj 2013-10-02 23:25
izin kopas ya bro! Artikel ini membuatku tertarik untuk mengetahui sejarah sejarah mandar dulu.. Mampir di blogku juga ya..Thalyb Tj Wise: ladygaga.mywapblog.com atau follow my twitter saya @thalybtj: twitter.com/thalybtj atau facebook Zee Angelofdeath Mencari Kedamaian : facebook.com/zeej21
Quote
 
 
#6 unding 2013-10-12 11:56
rumah saya
yg sebelah mana ya????
Quote
 
 
#7 KHAERUNNISA 2013-10-26 13:10
AKHIRNYA TUGAS SELESAI JUGA. TERIMAH KASI PAMAN GOOGLE SUDAH MEMBANTU DALAM MENGERJAKAN TUGAS.
Quote
 
 
#8 KHAERUNNISA 2013-10-26 13:14
SAYA ANAK SDN.10. PEKAN BARU. TINGGGAL DI DESA MINANG BLOK F2 DATANG YA KERUMAHKU HEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEE........................................................AAAAAAAAAAAAAAA AAAAAAAAAA................................AAAAAAAAAAAAAAA AAAAAAAAAAAAAAA A............................................AAAAAAAAAAAAAAA AAAAAAAAAAAAAAA AAAAAA
Quote
 
 
#9 KHAERUNNISA 2013-10-26 13:18
Quoting kata kata mutiara:
mantabs nih

SO BEDE MAAF NAHEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEEEEEEEEEEE EEEEEE...................................................................
Quote
 
 
#10 bahtiar 2014-01-19 00:35
Asik bacanya
Quote
 
 
#11 RAnye casper 2014-04-14 00:10
aku suka wonomulyo... karna aku juga orang mandar.... cuman aku sudah tinggal menetap di kalsel
Quote
 
 
#12 Cakra Kediri 2014-06-05 11:10
Asik Bacanya...Saran Sya Untuk Pemerintah POLMAN Khususnya Pemerintah Kec,WONOMULYO.....Pembangunan Di Wonomulyo Jangan meninggalkan budaya Jawa, krn sejarahnya bahwa yang turut memegang andil dalam berkembangnya daerah Polman Khususnya Daerah Kecamatan Wonomulyo sehingga besar seperti sekarang ini adalah ada etnis jawa yang berperan besar didalamnya......
Quote
 
 
#13 syam 2014-11-22 14:45
weeiss marasa" paia
, jd tambahtau nih sjarah" wilayah yg ad di mandar....
Quote
 
 
#14 moerwadi,s.pd 2014-12-25 11:53
saya orang wonomulyo tepatx d cerbon tapi sekarang aku ada di pangkep aku cuma ingin coment agar nantinya wonomulyo semakin maju ke depan n selalu menjaga persaudaraan d wonomulyo atau sering di sebut kampung jawa. kita satu, satu indonesia...
Quote
 
 
#15 chaidar hb 2015-02-23 06:51
Kampung jawa tetap jaya,saya besar di kediri sidorejo dan tamat sekolah di SD sidorejo,SMP 1 & STM wonomulyosekara ng
Tinggal di kaltim,semoga wonomulyosemaki n mulya dan tetap ramai di kunjungi orang
Quote
 
 
#16 ridwan nasir 2015-04-30 15:23
Wonomulyo punya rasa
Quote
 
 
#17 Anchu Ahmad Mansur 2015-05-09 08:57
Mantapppp.....Mudah2an ke depan Wonomulyo bisa jadi Kotamadya !!
Quote
 
 
#18 thia ratiih 2015-05-09 12:27
ada gk ya foto nenek sy disitu....
Quote
 
 
#19 ferry mandar 2015-05-10 06:32
kappung jawa keren
Quote
 
 
#20 Adhi Kediri 2015-05-10 15:09
Wonomulyo Memang Hebat,,, Tapi Pemerintahnya Yang Tak Hebat Dalam Menata Wonomulyo...
Selain Pusat Perdagangan,, Wonomulyo Bisa Menjadi Lahan Wisata Kota Jika Pemerintah Bisa Memanfaatkan Sarana Yang Sudah Tersedia... Misalnya SUngai Yang Mengalir Di tengah2 kota, diubah menjadi kawasan wisata malam...
Hal yang perlu diperhatikan SAMPAH dan Jalanan Yang Banjir..
Saat ini Remaja wonomulyo SUdah Cukup Haus Akan Tempat2 Hiburan, Tempat untuk mereka bisa berekspresi.. Saatnya Pemerintah Memperhatikan Hal itu...
Quote
 
 
#21 Suaib Amin Prawono 2015-05-10 16:52
Mantap, baca artikel ini jadinya kangen dengan tanah kelahiranku..
Quote
 
 
#22 Tommuane Mandar 2015-12-29 04:28
Dalam artikel diatas dijelaskan bahwa Ketoprak, wayang dan Campursari juga sering dipentaskan, saat ini wayang sudah semakin jarang dipentaskan di Wonomulyo, yang ada mungkin hanya CampurSari...ketoprak juga jarang,,, ada juga pertunjukan Jawa lainnya yaitu reog ponorogo dan kuda lumping, ini juga sudah sangat jarang, hanya ada saru sanggar yang menarikan reog dan kuda lump[ing di wonomulyo, yaitu Sanggar "Soponyono"

terjadi pergeseran budaya Jawa sekarang ini di Wonomulyo
Quote
 
 
#23 agung setiyanto 2016-02-19 09:37
aku mau gabung dong

saya keturunan puang maryati ..cucunya camak..anaknya ibu cahya..saya ada di jawa.
Quote
 
 
#24 Rahmawati Latif 2017-03-02 07:59
keren...kampungnya orang tuaku
Quote
 
 
#25 Terrell 2017-06-27 10:39
Hello, Neat post. There is an issue with your web site in web explorer, would check this?
IE still is the market chief and a good component of other folks will omit your excellent
writing because of this problem.

my blog post ... fuck it (damagingresiden84.over-blog.com/.../ .../external-shoe-lifts-for-leg-length-discrepancy.html)
Quote
 
 
#26 Chelsea 2017-07-15 12:51
you're in reality a good webmaster. The website loading speed is amazing.
It seems that you're doing any unique trick. Moreover,
The contents are masterpiece. What do
you do when your Achilles tendon hurts?: sports.mcvane.ge/.../...'ve performed a fantastic process on this subject!
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :

Chat Box


Bagi yang ingin berbagi tulisan atau lainnya mengenai Budaya Mandar, silahkan gabung bersama kami di Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar http://kpbwm.or.id/
Kampung Mandar Website Indonesia || Youtube|| Feeds|| Copyright © 2010-2013