Terdapat 15 Tamu online   ||   lulluare...! Sekarang hari :

 


Selamat datang di Website Kampung Mandar Sulbar Indonesia.      Diberitahukan bahwa telah dibentuk komunitas baru kami, Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar. Bagi yang ingin berbagi tulisan ataupun lainnya, silahkan gabung bersama kami atau hubungi kontak admin pada bagian bawah web ini.
Lokasi Anda : Home Film Daerah Machigatte - The Sulbar Short Film 2011..!!

Tampil : 4549 kali.

Machigatte - The Sulbar Short Film 2011..!!


Trailer Film Machigatte

Apabila anda ingin mendownload video ini, gunakan aplikasi Internet Download Manager versi 6 atau diatasnya.
Download Internet_Download_Manager.zip



MACHIGATTE
a film by Dahri Dahlan.
(sutradara Film Memimpi Harmoni)

Setelah menempuh waktu berbulan-bulan akhirnya sebuah film fiksi pendek yang diberi judul Machigatte telah rampung produksinya. Produksi hari pertama (16/7) dilakukan di kabupaten Majene, tepatnya di kompleks Perumahan Lutang dan hari kedua (17/7) di Kecamatan Tinambung, tepatnya di Lingkungan Tinggas-tinggas.

Film ini ditargetkan berdurasi enam menit, bergenre drama romantis dengan alur maju dan hanya melibatkan empat tokoh: dua tokoh utama dan yang lain sebagai figuran. Tokoh utama Rumi diperankan oleh saya sendiri yang juga penulis skenario, tokoh utama kedua Fiana, diperankan oleh Andi Ismah Nadhifah (akrab dipanggil Diva, dari Majene), sedang tokoh Ibu Rumi diperankan Ria Idrus (Tinambung), dan untuk tokoh Mr. X diperankan oleh Wahid DK Heriadi (Polewali).

Film digarap oleh dua kelompok pemuda kreatif kecamatan Balanipa dan Tinambung, mereka adalah Pensil 2B dan Studio Teluk Mandar yang telah memproduksi beberapa film, baik fiksi maupun dokumenter. Karya mereka telah mendapat tempat tersendiri di mata penikmatnya.

Setelah mengendapkan naskah awal selama kurang lebih tiga bulan, akhirnya dilakukan hunting lokasi dan penentuan shoot list. Skenario terbagi ke dalam empat scene akhirnya diurai ke dalam sebelas adegan yang masih dibagi lagi ke dalam 67 shot. Setelah penulis memperlihatkan naskah awal pada Iwan (Studio Teluk Mandar), akhirnya penulis buku “Mandar Nol Kilometer” ini tertarik untuk bekerjasama dan mengambil peran sebagai kameraman penuh untuk produksinya.

Tidak butuh casting yang muluk-muluk untuk menentukan pemeran untuk setiap tokoh dalam cerita, Zulkifli Siddiq selaku sutradara menjatuhkan pilihannya pada penulis skenarionya sendiri untuk mendapatkan pemeran utamanya, dan untuk pemeran utama kedua dipilih langsung oleh kameraman Iwan. Sebab sebelumnya dia pernah menjadikan Diva sebagai model video klip yang dia garap untuk band dari Majene, Anunita. Sedangkan untuk dua figuran lainnya saya pilih sendiri.

Naskah dibagi kepada pemeran dan dalam waktu yang singkat, semua telah memahami naskah dan menghafal dialog yang tergolong mini kata. Shooting pun dilaksanakan tanpa kendala yang berarti dan akhirnya rampung pada hari kedua.

Ide awal pembuatan naskah film ini diawali dengan sebuah pernyataan sederhana yang dipahami oleh penulisnya, “Tuhan menciptakan kebohongan, juga tanda-tandanya.” Tuhan memberikan akal dan pikiran pada manusia agar ia bisa hidup dengan baik di muka bumi ini, menelaah setiap hal yang menimpanya lalu memahaminya dengan baik, agar kita tahu apa yang seharusnya kita lakukan.

Machigatte, yang berasal dari bahasa Jepang yang berarti ‘salah, keliru’, mencoba memberikan sebuah pertanyaan sederhana pada kita, terutama yang telah memiliki pasangan, baik itu sebagai suami istri, maupun sebatas hubungan dekat, sebuah pertanyaan tentang kebenaran: “Betulkah selama ini hubunganmu baik-baik saja?”

Pertanyaan sederhana di atas kedengarannya sangat mengganggu atau bahkan mengusik telinga pendengarnya. Harus kita pahami bahwa apa yang nampak di mata kita terkadang tidak memiliki hubungan dengan apa yang sebenarnya terjadi. Hal semacam inilah yang dicoba diberikan oleh film yang disutradarai oleh mahasiswa broadcasting salah satu PTS di Makassar ini pada kita semua.

Jangan-jangan sesuatu yang kita tidak inginkan sedang atau telah lama menimpa hubungan kita yang nampak baik-baik saja ini? Atau dengan kata lain, jangan-jangan kita tidak mampu membaca tanda-tanda tentang sesuatu atas hubungan istri dengan istri atau kekasih? Saksikanlah Machigatte dan berpikirlah!

Data Film
Judul : Machigatte
Genre : Drama fiksi pendek
Durasi : 6 menit
Pemain : Dahri Dahlan, Andi Ismah Nadhifah, Ria Idrus, Wahid DK Heriadi
Skenario : Dahri Dahlan
Sutradara : Zulkifli Siddiq
Kameraman : Muhammad Ridwan Alimuddin
Musik : Sahabuddin Mahganna
Unit Produksi : Aldhin Flamboyan, Faisal Rahman
Produksi : PENSIL 2B & STUDIO TELUK MANDAR (2011)

info dari http://www.koranmandar.com

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :

Chat Box


Bagi yang ingin berbagi tulisan atau lainnya mengenai Budaya Mandar, silahkan gabung bersama kami di Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar http://kpbwm.or.id/
Kampung Mandar Website Indonesia || Youtube|| Feeds|| Copyright © 2010-2013