Terdapat 79 Tamu online   ||   lulluare...! Sekarang hari :

 


Selamat datang di Website Kampung Mandar Sulbar Indonesia.      Diberitahukan bahwa telah dibentuk komunitas baru kami, Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar. Bagi yang ingin berbagi tulisan ataupun lainnya, silahkan gabung bersama kami atau hubungi kontak admin pada bagian bawah web ini.
Lokasi Anda : Home Sejarah Cerita Mandar - Pongka Padang

Tampil : 5528 kali.

Cerita Mandar - Pongka Padang

Artikel kali ini membahas sebuah pengungkapan Sejarah melalui mulut ke mulut oleh Tetua-Tetua adat Mandar, yaitu Nenek Tolleng, Puaq Belu dan Daeng Marrota dari Pitu Ulunna Salu, mengenai Asal Usul Orang Mandar.

Konon ceritanya, manusia pertama yang berkembang di Mandar berasal dari Hulu Sungai Saddang yang muncul sesudah terjadinya banjir besar.

Cikal bakal nenek moyang orang Mandar ini dikenal keberadaannya dengan istilah Pitu Tau (manusia tujuh) karena terdiri dari tujuh orang. Dari ke tujuh orang ini ada yang mengatakan mereka bersadara tetapi kuat dugaan mereka awalnya tidak seling mengenal karena hanya korban banjir yang terseret air sampai ke wilayah Mandar.
Ketujuh orang ini yaitu :
- Talombeng Susu
- Talando Beluhe
- Padorang
- Talambeq Kuntuq
- Pongka Padang
- Sawerigading
- Tanriabeng


Mereka kemudian menyebar mengembangkan kehidupan masing-masing, yaitu Talombeng Susu ke Luwu, Talando Beluha ke Bone, Padorang ke Belau (Belawa), Talambeq Kuntuq ke Lariang, Pongka Padang ke Tabilahan (Tabulahan), Sawerigading dan Tanriabeng pergi berlayar entah kemana.

Pongka Padang inilah adalah manusia yang berkembang di wilayah Mandar, Pitu Ulunna Salu dan Pitu Babana Binanga, yang bergelar Tokombong di Wura.


Bila anda ingin menghubung-hubungkan,
baca juga artikel Asal Usul Suku Mandar di Sulawesi ;
dan artikel Kondosapata Zaman Pemerintahan Adat.

Referensi : Buku ASSITALLIANG MANDAR (2009), oleh Drs. ABD. MUIS MANDRA

 

Comments 

 
#1 firman 2012-11-14 15:48
makappa sanna palaka caritana
Quote
 
 
#2 Ammink 2013-10-05 09:12
yang jadi pertanyaan bagaimana puang pongka padang punya keturunan di litaq mandar....???
Quote
 
 
#3 athos 2017-01-28 21:32
salam shalawat
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :

Chat Box


Bagi yang ingin berbagi tulisan atau lainnya mengenai Budaya Mandar, silahkan gabung bersama kami di Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar http://kpbwm.or.id/
Kampung Mandar Website Indonesia || Youtube|| Feeds|| Copyright © 2010-2013