Terdapat 39 Tamu online   ||   lulluare...! Sekarang hari :

 


Selamat datang di Website Kampung Mandar Sulbar Indonesia.      Diberitahukan bahwa telah dibentuk komunitas baru kami, Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar. Bagi yang ingin berbagi tulisan ataupun lainnya, silahkan gabung bersama kami atau hubungi kontak admin pada bagian bawah web ini.
Lokasi Anda : Home Sejarah Pitu Ulunna Salu, Pitu Ba'bana Binanga

Tampil : 28995 kali.

Pitu Ulunna Salu, Pitu Ba'bana Binanga

Kita sering dengar Kerajaan-kerajaan Di Mandar terdiri dari Pitu Ulunna Salu dan Pitu Ba'bana Binanga (Tujuh Kerajaan di Hulu Sungai dan Tujuh Kerajaan Di Muara Sungai). Tapi tahukah anda, kerajaan-kerajaan apa saja yang dimaksud?

Kerajaan-kerajaan yang di maksud adalah :

Pitu Baqbana Binanga (PBB), meliputi:
1.     Kerajaan Balanipa;
2.     Kerajaan Binuang;
3.     Kerajaan Sendana;
4.     Kerajaan Banggae;
5.     Kerajaan Pamboang;
6.     Kerajaan Mamuju;
7.     Kerajaan Tappalang.

Pitu Ulunna Salu (PUS), meliputi:
1.     Kerajaan Tabulahan;
2.     Kerajaan Aralle;
3.     Kerajaan Mambi;
4.     Kerajaan Bambang;
5.     Kerajaan Rantebulahan;
6.     Kerajaan Matangnga;
7.     Kerajaan Tabang.

Masing-masing kerajaan menyandang gelar kebangsawanan berbeda untuk raja dalam menjalankan roda pemerintahannya, misalnya :
- Raja Balanipa dan Raja Sendana bergelar Arayang,
- Raja Banggae dan Raja Pamboang bergelar Maraqdia,
- Raja Tappalang dan Raja Mamuju bergelar Maradika,
- Raja Binuang bergelar Arung,
- Raja Rantebulahan, Raja Matangnga, Raja Tabang dan Raja Bambang, bergelar Indo Lembang,
- Raja Aralle bergelar Indo Kadaneneq,
- Raja Tabulahan bergelar Indo Litaq.

Kerajaan-kerajaan di Wilayah Mandar bukan hanya Pitu Ulunna Salu dan Pitu Babana Binanga, tetapi masih ada daerah kerajaan yang tidak bergabung pada kedua wilayah tersebut (wilayah netral), kerajaan tersebut dinamakan Tiparittiqna Uhai atau sering juga disebut Karua Babana Minanga (KBM), misalnya :
1. Kerajaan Alu;
2. Kerajaan Tuqbi;
3. Kerajaan Taraqmanu;
dan masih ada beberapa kerajaan lainnya.

Semua kerajaan-kerajaan di Mandar ini saling menghormati pada bagian wilayah masing-masing dan saling membantu seakan-akan mereka sebenarnya satu wilayah layaknya satu negara kesatuan, makanya beberapa ahli sejarah Mandar berpendapat bahwa kerajaan di Mandar tidak berbentuk kerajaan layaknya kerajaan lain yang memerintah dan berdaulat di daerah sendiri tapi melainkan Satu Kesatuan Wilayah yang saling menghormati.

 

Comments 

 
-1 #1 2011-09-30 05:13
sy salah putra berasal dari sulbar, kalau bisa diberikan penjelsan teentang sejarah berdirinya kerajaan tersebut..kami selaku anak mandar. bangga kalau kami tahu..
Quote
 
 
+1 #2 admin 2011-09-30 07:11
Insya Allah, dlm wkt dekat sy carikan dan akan posting sejarah berkembangnya Kerajaan Pitu Babana Binanga sampai mereka semua bersatu.
Silahkan cek saja kumpulan artikel-artikel dari kami.
putra-mandar.web.id/.../
Quote
 
 
#3 2011-10-08 00:00
Saudara Iwan Mandary, saya kira ada beberapa hal yang perlu dikoreksi. Ini mengenai hal yg berkaitan dengan Pitu Ulunna Salu.

Pertama, di wilayah Pitu Ulunna Salu (singkat saja PUS), tdk berbentuk kerajaan. Melainkan kesatuan adat yg dipimpin para sesepuh atau ketua adat. Klw kerajaan lebih mengarah ke strata sosial, sedangkan di PUS yang ada adalah senioritas.

Kedua, Tiparitti'na Uhai atau Karua Ba'ba Binanga sebenarnya wilayah yg tunduk pada hukum adat Pitu Ulunna Salu. Secara wilayah memang terbentuk sendiri, namun secara adat PUS dan Karua Ba'ba Binanga masih satu kesatuan. Krna itu dikenal sbg Pitu Ulunna Salu Karua Ba'ba Binanga yg lebih dikenal sebagai Kondo Sapata' Uhai Sapaleleang. Jadi Konfederasi PUS-PBB tidak hanya melibatkan PUS dan PBB saja, itu sudah termasuk Tiparitti'na Uhai, krna dia sdh tergabung dgn PUS dlm perjanjian itu.
Quote
 
 
#4 2011-10-08 00:01
Yg terakhir, y sdikit mengarahkan saja... Sy pribadi senang, krn kmi di pegunungan sdh diakui sbg bagian masy Mandar, berdasarkan perjanjian Luyo. Dalam pengrtian, Mandar sbg wilayah teritori dr kata SIPAMANDAQ. Namun kita tidk boleh kehilangan identitas akan eksistensi suku2 yg beragam di Sulbar. Di Sulbar, selain suku Mandar, masih ada suku2 lain. Ada suku PUS di wilayah Mambi, Aralle, Tabulahan, Bambam & sekitarx. Suku Mamasa di wilayah Mamasa, Balla, Tawalian, Orobua & sekitarx. Suku Toraja yg ada di wilayah Nosu, Pana' & Sepang. Mgkn msih ada suku lain di Mamuju. Itu sepanjang pengetahuan sy. Klw kita mau memandang hal ini scr positif, ini mrpkn kekayaan kita org Sulbar.
Quote
 
 
#5 admin 2011-10-09 02:49
iya. Makasih y, atas koreksix.
saran & kritikan dr semua sgt brmnfaat utk ke dpn web ini.

Z sadari klo byk konten di web ini perlu dikoreksi, krn
z jg ndk trlalu ahli di sejarah mandar,
referensi z msh sdkit.
Aplg z msh sendiri kerja itu web,
webx itu awalx adalah web pribadi ttg IT, baru mulai posting ttg mandar inisiatif sendiri sktr bulan 7 lalu krn atas prmintaan teman jauh yg pengen cari tahu ttg mndar.

Makanya klo ada teman2 di grup ini pengen gabung jd admin web, yuk qt sama2 bangun web ini jd lebih baik, & insya Allah webx akan aktif terus.

btw, tp klo diperkenangkan jwb sdkt koreksix.

pertama, iya yah, z jg jadi pusing ttg defenisi kerajaan, sbnrx kata yg tepat untuk kesatuan adat di mandar itu apa.

kedua, o gt yh.. terima kasih atas infonya, baru nyadar Kondo sapata uai sapaleleang mksdx itu, g tahu arti bahasax. Heheh.

ketiga, menurut referensi yg prnah z baca, kata Mandar itu tdk jelas kapan dimulai penggunaanx. Dan bahkan menurut penggali sejarah Mandar, masih jauh sebelum allamungan batu ri luyo, lontara bugis sendiripun memakai kata sebutan Menre' utk wilayah kerajaan di mandar. Aneh pdhal tidak ada kerajaan yg bernama Mandar, otomatis dipikiran kita Mandar adalah nama suku. Tapi di Mandar sendiri pun ada banyak suku, makax utk membedakan suku di Mandar bisa dilihat dari Bahasa yang digunakan, misalnya bahasa mandar, bahasa mamuju, ataupun bahasa pus. Bahasa mandar di balanipa dengan bahasa mandar di pamboang pun ada perbedaan gak jelas mana yg asli, lebih-lebih bahasanya orang-orang antar daerah mamuju. Keseluruhan sgt banyak bahasa, Tp diantara bahasa ini tdk ada yg ditetapkan sebagai bahasa persatuan untuk seluruh wilayah mandar. Itulah sulawesi barat yg tertutup oleh Sulawesi Selatan dahulu.
Dan yang mengherankan jg, z ingat dulu wkt pelajaran sejarah daerah di SMP, klo wilayah Mandar itu sgt luas.
Berdasar dari buku kuno punya orang belanda, mandar itu bagian utaranya bukan hanya di suremana tp masih jauh ke utara, batas timur yaitu luwu dan poso, selatan yaitu dulunya meliputi sebagian pinrang.

Nah, dari waktu ke waktu kata Mandarpun jarang digunakan di wilayah yang jauh dari pusat Mandar (Balanipa dan sekitarnya), ditambah dikarenakan adanya perbedaan persekutuan yaitu PBB dan PUS, kata Mandar benar2 akan hilang digantikan dengan PBB dan PUS. Alhamdulillah dengan allamungan batu ri luyo, kata Mandar kembali populer di kedua persekutuan.
Quote
 
 
#6 2011-10-09 04:13
sama2 Ner. Sy jga baru tau klw bahasa Mandar jga beragam. Tapi sejauh bisa saling memahami masih boleh dikatakan satu suku. Sperti suku PUS bhsx juga beragam, ada Tabulahan, Aralle, Salubulung dst. tapi msh bisa saling mengerti. Dlm suku Mamasa jga beragam juga dialekx. Gak tau lagi org Nosu Pana' & Sepang yg mengaku sbg suku Toraja tapi bhs Mamasa juga mrk pakai.

Memang sebelum berdiri Sulawesi Barat, waktu itu selalu dipaksakan suku2 di Sulawesi Selatan hanya terdiri dari 4 suku. Sehingga suku2 minor tdk pernah dianggap eksistensinya. Dan yg dominan selalu klw tdk Bugis, ya Toraja... maaf sblmx buat sdr2 yg Bugis atw Toraja, bukan maksud mempertajam perbedaan. Tpi kenyataanx mmg sprti itu.

Bagaimanapun suku Mandar, suku PUS maupun suku Mamasa adalah saudara, karena Nene kita sama. Pongkapadang & Torije'ne

Oya, utk poin pertama. mgkn yg membingungkan krn memang PBB itu berupa kerajaan. Klw PUS mgkn lebih cenderung ke demokrasi versi tradisional.

Agar tidak bingung ttg apa nama kesatuan adat di Mandar; Ya sebut saja Konfederasi/Persekutuan wilayah adat tanah Mandar yg meliputi Pitu Ulunna Salu dan Pitu Ba'bana Binanga.
Klw Kerajaan sudah pasti mrpkn wilayah adat, tpi klw wilayah adat belum tentu kerajaan... semoga ini membantu
Quote
 
 
#7 admin 2011-10-09 08:08
Mmm.. Thanks!
Iya suku minorits g prnh diangkat2 sejak dulu bahkan ditutup2i, org luar sj sedikit yg tahu klo ada Mandar, lebih2 suku2 di dalamnya. Pantas byk yg bilang klo qt di anak tirikan oleh Sulawesi selatan
Quote
 
 
#8 nhynink 2012-01-25 19:38
,,
:)
SY maw Ta.y PUS n PBB ituw, hanya budaya darii kita org pgunungan atau sebuah suku,,,??? cuz sulbar trkenal suku mandar.y ,,

@reply please...
Quote
 
 
#9 nhynink 2012-01-25 19:46
,,
oyach... bgus.y budaya or suku kita ini, diperkenalkan lebih sering atau, buat acra khusus untukk promosiin... biar org" luar jg taw law PUS n PBB itu ad, terutama buat generasii...
kek z mngkin...

@just suggestion...
Quote
 
 
-1 #10 admin 2012-01-27 19:46
nhynink@

Byk persepsi klo bicara mslh Mandar Tempo Dulu, tp yg paling kuat adalah Wilayah Mandar itu meliputi seluruh daerah Sulbar,



ceritanya dulu itu penggunaan kata Mandar jarang digunakan di sejak adanya PBB dan PUS (otomatis tergantikan dari Mandar menjadi PBB-PUS). Dengan allamungan batu ri luyo, kata Mandar kembali populer di kedua persekutuan.



sedangkan klo berbicara tentang suku asli Mandar itu sendiri sbnrx hanya fokus pada wilayh mulai dari daerah Balanipa sampai Tappalang (wilayah PBB), karena perlu dipahami Mandar itu terdiri dari banyak suku, cara melihatnya yaitu dengan Bahasa yg dipakai pada kampung itu.

So bedakanlan kata ; Wilayah Mandar dan Suku Mandar.



Baca juga artikel lain sejarah Mandar di website ini:

putra-mandar.web.id/.../
Quote
 
 
-1 #11 Sabli 2012-05-04 16:21
mungkin saya juga bisa menambahkan saja, menurut saya semua propinsi itu ada banyak suku begitu jga dengan sul-bar yang mempunyai beranekaragam suku.

Dan dalam suatu propinsi biasanya ada suku yang lebih lebih dominan karena diwilayah kerajaan, bukan berarti suku yang diluar dari daerah kerajaan tidak diketahui. Tapi tetap merupakan satu propinsi sul-bar.

dan saya cuma mau nanya? apa benar gelar arayang itu dibalanipa, yang saya tau PUS dan PBB itu benar 14 kerajaan diSul - bar tapi dari 14 kerajaan tersebut ada kerajaan induk yg memang dipimpin oleh Seorang Arayang,

Ada pepatah mengatakan ilmu datangnya dari luar tapi nenek moyang dan keturunan saya tetap dari dalam.

Mohon maaf kalau pepatahnya salah karena saya orang mandar yang tidak tau bahasa mandar dan memang lahir diperantauan, Tapi tetap saya ingin tau banyak tentang mandar yang memang merupakan suku asli saya
Quote
 
 
#12 endi firman 2012-06-09 08:09
saya juga keturunan mandar..........di banyuwangi ada kampung mandar yg orang2nya katanya keturunan suku mandar tapi sy bingung mandar mana............. tapi ada kakek yang nama depannya Acok apakah benar keturunan kerajaan mandar.....kerajaan apa.....? atau hanya bangsawan kerajaan aja.......mohon dijawab ya
Quote
 
 
#13 admin 2012-06-11 04:21
Setahu admin, klo di Mandar (Balanipa), seorang lelaki yang menyisipkan "ACO" ke dalam namanya berarti beliau adalah keturunan asli bangsawan, dimana beliau dalam kesehariannya dipanggil Daeng atau Andaeng.
Quote
 
 
#14 ilham balanipa 2012-08-02 01:57
saya sangat bangga sebagai putra mandar yg besar di kampung orang....tapi bukan cuma itu saja tugas kita sebagai generasi penerus yg lebih penting bagaimana mempertahankan budaya mandar yg sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakatnya sendiri...disekolah2 tdk di ajarkan bahasa mandar sebagai muatan lokal...anak2 sekarang dirumah diberi bahasa indonesia sementara bhasa ibu sendiri mulai dilupakan...dulu waktu saya kecil yg msh tinggal di limboro wilayah balanipa orang tua kalau bicara selalu ditutup mulutnya, kalau bertamu kerumah orang kita selalu duduk didepan pintu baru bicara, nah sudah tdk ada yg seperti itu padahal ini merupakan anugrah terbesar dari Allah untuk kita pertahankan...
Quote
 
 
#15 ilham balanipa 2012-08-02 02:00
dan masih banyak yang lain budaya mandar yang di tinggalkan, jujur saja walaupun saya tinggal di kota metropolitang anak saya, selalu saya ajarkan untuk semaksimal mungkin dapat berbahasa mandar di dalam rumah...contoh saja artis papan atas indonesia cici paramida kalau di rumahnya msh berkomunikasi dgn bahasa mandar ini sangat luar biasa.
Quote
 
 
#16 ilham balanipa 2012-08-02 02:11
untuk saudara endi firman...coba cari tau dulu karna katanya dulu ada putra raja balanipa yang lari kejawa...kalau ga salah pannaung anjoro,...beliau adalah salah satu putra mahkota,tapi teman2 mohon dikoreksi kalau salah tp yg jelas ada yang lari ke jawa...mala kalau tdk salah kemngkinan ya wilayah banyuwangi.
Quote
 
 
#17 ampo tomakakaibuntu 2012-12-09 06:05
yang jelas suku PUS tidak perna mengakui klo sukunya adalah mandar. kami dari pegunungan sulawesi barat (ampona to pitu) siap berdebat soal sejarah dengan orang yang berani mengklaim klo suku PUS adalah suku ini suku itu.
Quote
 
 
#18 ampo tomakakaibuntu 2012-12-09 06:07
dan perlu dipahami bahwa dulunya di pegunungan sulawesi barat tidak perna berbentuk kerajaan melainkan kesenioritasan
Quote
 
 
#19 NARDI SITOMPELMANDAR 2012-12-29 22:34
APAKAH BENAR MAMUJU ITU ASAL MULANYA DARI MANDAR KOK PAKAIAN ADATNYA HAMPIR SAMA, BEGITUPAUN RUMAH ADATNYA..... MOHON PENJELASAN LULUARE
Quote
 
 
#20 ufick 2013-01-13 14:09
menurut analisa saya saja dari baca beberapa buku, nama Mandar itu sebenarnya bukan nama SUKU, bukan pula nama BAHASA, tapi hanya sebagai nama suatu daerah.. bisa dicek dibeberapa aksara lontar Bugis, yang mengatakan adanya daerah bernama Menre'.
Masalahnya daerah MANDAR itu tidak jelas sampai dimana batasnya.
Quote
 
 
#21 Elly antoni 2013-01-20 11:52
ampo tokakaibuntu... boleh tau tdk landasan teorinya bahwa daerah PUS itu bukan Mandar seperti yg saudara katakan,,??? padahal sy pernah berdiskusi dgn tmn sy orang Aralle yg bahkan mengakui bahwa Aralle itu Mandar yg msk dlm persekutuan Pitu Ulunna Salu... dan juga terdapat dilontara bone bahwa Mandar itu adalah Pitu Ulunna Salu dan Pitu Ba'ba Binanga,,,.... sy malah curiga jgn sampai anda atau kalian ini cmn pendatang di Mandar yg tdk tau diri !!!
Quote
 
 
#22 eri 2013-01-23 03:51
iye' kalo bgtu Mandar bukanlah sebuah suku melainkan mngkin lebih dari itu... maaf, kalo suku bugis lebih bangga menyebut diri sebagai satu negara, terlebih lagi kita yg mana Mandar adalah sebuah konsep negara yg banyak memiliki sub-suku... hehehehe.... itu baru pendapat saya sihhh...!!!
Quote
 
 
#23 fauzi 2013-01-31 09:10
ada kakek ku di rumah org galung lombok yg lolos dari penyapuan ri galung lombok... bercerita tntang mara"dia alu yg bernama "SOMPA WALI" sya kurang tau sampo wali itu mara'dia ke berapa di alu..
Quote
 
 
#24 sofyan 2013-01-31 13:17
sebenarnya bahasa mandar yang betul itu yang mana.??? soalnya bahasa mandar antara mejene,polman dan mamuju itu beda sedangkan kita ketahui ketiga kabupaten itu termasuk daerah mandar juga...
Quote
 
 
#25 karin 2013-04-14 12:45
Quoting ampo tomakakaibuntu:
yang jelas suku PUS tidak perna mengakui klo sukunya adalah mandar. kami dari pegunungan sulawesi barat (ampona to pitu) siap berdebat soal sejarah dengan orang yang berani mengklaim klo suku PUS adalah suku ini suku itu.


iya,, krn kamu budak2 belian para pendatang di tanah mandar yg tdk tau diri....
Quote
 
 
#26 ENCO 2013-05-09 08:29
Saudara ampo wajar anda mengatakan pus bukan mandar. karena pus bukan sebutan suku, lebih pantas di sebut orang.. cth: TO itu kan sebutan orang mana asal nya seperti To balanipa. To mario, To binaga pus itu bukan sebuah suku beda dgn mandar. mandar ada lah suku. cth kecil. waktu mandar masih gabung sulsel. mana ada suku mandar,bugis,ta tor mau di sebut makassar, kecuali ujung pandang, karna kata makassar menyebut nama 1 suku. ujung pandang mengatas namakan beberapa suku yg ada di sulsel. seperti jawa. suku sunda nga mao di sebut jawa begitupun betawi. begitupun, pus nga bakalan mau di sebut mandar, hanya anda perlu tau pusat kerajaan mandar ada di balanipa. oke
Quote
 
 
#27 jasman 2013-07-07 10:09
Quoting nhynink:
,,
oyach... bgus.y budaya or suku kita ini, diperkenalkan lebih sering atau, buat acra khusus untukk promosiin... biar org" luar jg taw law PUS n PBB itu ad, terutama buat generasii...
kek z mngkin...

@just suggestion... :-)

setuju, biar bkan hxa orang jawa az yg dikenal, tetapi jga kta orang mandar sulbar, harus dkenal diindonesia dan dunia insyaallah.....
Quote
 
 
#28 jasman 2013-07-07 10:13
Quoting ENCO:
Saudara ampo wajar anda mengatakan pus bukan mandar. karena pus bukan sebutan suku, lebih pantas di sebut orang.. cth: TO itu kan sebutan orang mana asal nya seperti To balanipa. To mario, To binaga pus itu bukan sebuah suku beda dgn mandar. mandar ada lah suku. cth kecil. waktu mandar masih gabung sulsel. mana ada suku mandar,bugis,ta tor mau di sebut makassar, kecuali ujung pandang, karna kata makassar menyebut nama 1 suku. ujung pandang mengatas namakan beberapa suku yg ada di sulsel. seperti jawa. suku sunda nga mao di sebut jawa begitupun betawi. begitupun, pus nga bakalan mau di sebut mandar, hanya anda perlu tau pusat kerajaan mandar ada di balanipa. oke

saya sngat sngang adx berita sperti ini, krna sya jga orang mandar, tpi sya tdk tw sejarah daerah sya, dngan adax berita2 sprti ini semoga ilmu sya brtambah mngenai sejarah daerah kita mandar balanipa sulbar.
salam kenal saudara...
Quote
 
 
#29 safaruddin, LD 2013-07-26 07:04
memang pada awaly sebelum terbentuk sebuah pemerintahan kerajaan yang ada adalah pemerintahan adat,,, dipitu ulunna salu misy; sebelum deklarasi di talippuki sistem yang diberlakukan adalah sistem adat.......................
Quote
 
 
#30 safaruddin, LD 2013-07-26 07:04
memang pada awaly sebelum terbentuk sebuah pemerintahan kerajaan yang ada adalah pemerintahan adat,,, dipitu ulunna salu misy; sebelum deklarasi di talippuki sistem yang diberlakukan adalah sistem adat.......................
Quote
 
 
#31 ardam totuboapponapuanghaelelu 2013-08-22 06:06
saya kagum senang wlu pun juga sy belum betul2 memahami sejarah yaitu tentang mandar..apapun itu kita tetap sohosohong.??karna sy juga lhir dtanah mandar..
Quote
 
 
#32 dharmawan 2013-08-28 14:42
tolong uraikan silsilah raj binuang
Quote
 
 
#33 jupri thalib djaelani 2013-09-09 04:53
tolong semua dokumentasi pertunjukan kesenian yang ada dimandar diupload..
jangan lupa dikembangkan..
Quote
 
 
#34 ardy 2013-09-16 03:30
Saya baru pertama kali buka web ini,, sngat bermanfaat agar generasi muda seperti saya dapat lebih paham ttg budaya sendiri !!. Lanjutkan lulluare',, ditggu postingan terbarunya
Quote
 
 
#35 mhyra 2013-10-04 04:07
help me...
ada tugas dri dosen, berapa banyak penduduk selawesi barat yang menggunakan bahasa mandar ???
Quote
 
 
#36 anri 2013-10-10 09:32
Tolong di infokan toni kota di melanri itu siapa?
Quote
 
 
#37 anri 2013-10-10 09:40
Yg ortu sy mengatakan kpd sy , bahwapohon dari kerajaan mandar itu awalnya dari taramanu yg menyebar ke balanipa dll.
Quote
 
 
#38 Andi tenriangka 2013-12-08 06:32
Saya andi tenri Cucuk asli dari raja binuang H.andi mattulada setau saya dan apa yang diceritakan oleh nenek saya anak kandung dari H.andi mattullada adalah raja binuang dan ratu balanipa menikah dan mempersatukan antara mandar dan bugis
Quote
 
 
#39 Andi tenriangka 2013-12-08 06:33
Saya andi tenri Cucuk asli dari raja binuang H.andi mattulada setau saya dan apa yang diceritakan oleh nenek saya anak kandung dari H.andi mattullada adalah raja binuang dan ratu balanipa menikah dan mempersatukan antara mandar dan bugis
Quote
 
 
#40 #rhud 2013-12-23 18:04
menurut sy kata mandar ada dua pengertian kesukuan dan kesatuan politik di wilayah sulbar masa lampau. suku mandar sejatinya ada di sebagian polman dan majene. sisanya adalah "orang". cth. orang tappalang, orang mambi, orang aralle dll. suatu komunitas baru bisa dikatakan suku bila memenuhi segala syarat2nya, cthnya punya adat tersendiri, bahasa tersendiri, jumlah penutur harus memenuhi. kesatuan politik ms lalu menggunakan istilah sipamandar atau sipamandaq pada saat perjanjian allamungan batu dil luyo yg melibatkan PUS dan PBB. jdi mandar secara politik adalah seluruh wilayah sulbar dan mandar secara suku itu ada di sebagian polman dan majene.
Quote
 
 
#41 #rhud 2013-12-23 18:15
sy pernah tugas mengawas pembangunan jalan ke wilayah mamasa khususnya wilayah kecamatan tabulahan, saat sy ditanya orang2 tua disn tentang asal sy, sy bilang sy dari polman kontan mereka berkata "ouh suku mandar". jdi suku mandar sebenarnya ada di polman n majene. dilain waktu sy sempat cerita dengan orang2 di pegunungan mereka mengakui sendiri bahwa mereka adalah bagian dri orng mandar juga walaupn bahasa n adat berbeda.
Quote
 
 
#42 #rhud 2013-12-23 18:27
versi tentang orng mandar ada beberapa cnthnya pernah juga sekali sy ketemu dengan orang dri mambi mereka cerita bhwa konon katanya dahulu kala ada sekelompok masyarakat yg sangat pemberani di daerah pedalaman n menjdi pahlawan n pelindung bagi kelompok2 masyarakat lain dri gangguan dri wilayah luar mereka. nah kelompok masyarakat itulah diberi julukan sebagai to mandaq (menurutnya to = orang-orang, mandaq dalam bahasa pengunungan itu adalah "kuat") jdi maksudnya orang2 kuat. nah kelompok masyarkat itulah yg turun ke wilayah pantai menyebar n membentuk masyarakat baru yg disebut sebagai orang mandaq atau mandar. sy jg kurang tahu ini benar atau tidak
Quote
 
 
#43 #rhud 2013-12-23 18:27
versi tentang orng mandar ada beberapa cnthnya pernah juga sekali sy ketemu dengan orang dri mambi mereka cerita bhwa konon katanya dahulu kala ada sekelompok masyarakat yg sangat pemberani di daerah pedalaman n menjdi pahlawan n pelindung bagi kelompok2 masyarakat lain dri gangguan dri wilayah luar mereka. nah kelompok masyarakat itulah diberi julukan sebagai to mandaq (menurutnya to = orang-orang, mandaq dalam bahasa pengunungan itu adalah "kuat") jdi maksudnya orang2 kuat. nah kelompok masyarkat itulah yg turun ke wilayah pantai menyebar n membentuk masyarakat baru yg disebut sebagai orang mandaq atau mandar. sy jg kurang tahu ini benar atau tidak
Quote
 
 
#44 #rhud 2013-12-23 18:27
versi tentang orng mandar ada beberapa cnthnya pernah juga sekali sy ketemu dengan orang dri mambi mereka cerita bhwa konon katanya dahulu kala ada sekelompok masyarakat yg sangat pemberani di daerah pedalaman n menjdi pahlawan n pelindung bagi kelompok2 masyarakat lain dri gangguan dri wilayah luar mereka. nah kelompok masyarakat itulah diberi julukan sebagai to mandaq (menurutnya to = orang-orang, mandaq dalam bahasa pengunungan itu adalah "kuat") jdi maksudnya orang2 kuat. nah kelompok masyarkat itulah yg turun ke wilayah pantai menyebar n membentuk masyarakat baru yg disebut sebagai orang mandaq atau mandar. sy jg kurang tahu ini benar atau tidak
Quote
 
 
#45 #rhud 2013-12-23 18:27
versi tentang orng mandar ada beberapa cnthnya pernah juga sekali sy ketemu dengan orang dri mambi mereka cerita bhwa konon katanya dahulu kala ada sekelompok masyarakat yg sangat pemberani di daerah pedalaman n menjdi pahlawan n pelindung bagi kelompok2 masyarakat lain dri gangguan dri wilayah luar mereka. nah kelompok masyarakat itulah diberi julukan sebagai to mandaq (menurutnya to = orang-orang, mandaq dalam bahasa pengunungan itu adalah "kuat") jdi maksudnya orang2 kuat. nah kelompok masyarkat itulah yg turun ke wilayah pantai menyebar n membentuk masyarakat baru yg disebut sebagai orang mandaq atau mandar. sy jg kurang tahu ini benar atau tidak
Quote
 
 
#46 adi 2013-12-26 08:10
amin..insya allah jika allah menghendaki dan memberikan umur panjang sementara q kumpulkan semua info tentang mengenai suku mandar,semoga rencana n usaha saya ini berhasil,,ingin membuat satu karya berbentuk film,,,doa kan saja dan jjudl sudah ada tinggal merangkulkan semuanya..hormatq sallang salili u matin iya nasangna..
Quote
 
 
#47 wady 2014-01-28 00:32
Kerajaan pitu'ulunna'salu or pitu'ba'bana binanga dulu klw tdak salah ke2 kerajaan'ini bermusuhan'namun ada'diantara ke2 kerajaan ini'yg mendamaikan yaitu'keerajaan palipi........
Quote
 
 
#48 sulilina lino 2014-03-26 04:20
tolong jalan Pattaropura n jalan H. Madjid Pattaropura di hidupkan kembali karena mereka sangat berjasa knapa orang yang baru di munculkan yang darah keturunannx tdk matang seperti ada ada org tertentu mau menghilangkan sejarah yg sebenarnya krn duit.
Quote
 
 
#49 putry 2014-04-03 06:18
:P iyaa inikan kampung aku dan harus d jag kleatriannx
Quote
 
 
#50 shaleh muhammad 2014-04-09 03:11
apapun bahasanya apaun kerajaannya ,,yang jelas kita semua saudara,,,Sekar ang bukan zamannya saling mengkalaim tapi zamannya untuk memprbaiki masing2 adat dan budaya kita,,salam dariku Putra Rantebulhan>
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :

Chat Box


Bagi yang ingin berbagi tulisan atau lainnya mengenai Budaya Mandar, silahkan gabung bersama kami di Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar http://kpbwm.or.id/
Kampung Mandar Website Indonesia || Youtube|| Feeds|| Copyright © 2010-2013