Terdapat 41 Tamu online   ||   lulluare...! Sekarang hari :

 


Selamat datang di Website Kampung Mandar Sulbar Indonesia.      Diberitahukan bahwa telah dibentuk komunitas baru kami, Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar. Bagi yang ingin berbagi tulisan ataupun lainnya, silahkan gabung bersama kami atau hubungi kontak admin pada bagian bawah web ini.
Lokasi Anda : Home Video Lainnya Video, Tim Pawai Budaya Nusantara Sulawesi Barat 2013

Tampil : 108671 kali.

Video, Tim Pawai Budaya Nusantara Sulawesi Barat 2013

Dengan Konsep SIPAMANDAQ yang berarti saling menguatkan, Sulawesi Barat tampil sebagai yang terbaik bersama 9 provinsi lainnya dalam Acara Pawai Budaya Nusantara 18 Agustus 2013 di Jakarta.

Berikut adalah video dokumentasi oleh Teluk Mandar Creatif (Muhammad Ridwan Alimuddin).


URL Video = Youtu.be/mjHLgdLtnW0

Download Video via SaveFrom.net

Kelapa simbol masyarakat pantai, bahwa kelapa adalah komoditas yang menggerakan sejarah peradaban Mandar. Dan bambu simbol masyarakat pegunungan, yang berakar pada legenda kuno bahwa orang Mandar “lahir dari bambu”. Dalam ikrar SIPAMANDAQ, mereka menanam batu, sebagai simbol persatuan akan keras bagai batu dan melati simbol keabadian.

Adapun Narasi yang dibacakan pada saat di halaman Istana Negara yaitu :

"Tiga abad yang lalu, tujuh kerajaan di pantai dan tujuh kerajaan di pegunungan, di bagian barat Pulau Sulawesi bersepekat untuk bersatu. Mereka berikrar SIPAMANDAQ, yaitu bersifat seperti sungai: berasal dari banyak anak sungai, tapi mereka bersatu dalam satu kesatuan besar. Itulah MANDAR."

"Silat MANDAR, musik CALONG dan tarian PATTUQDUQ adalah seni budaya kami yang menggambarkan persatuan, peradaban, harmoni dan kelembutan berbalut kekuatan. Itulah MANDAR, negara di Sulawesi Barat."

 

Chat Box


Bagi yang ingin berbagi tulisan atau lainnya mengenai Budaya Mandar, silahkan gabung bersama kami di Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar http://kpbwm.or.id/
Kampung Mandar Website Indonesia || Youtube|| Feeds|| Copyright © 2010-2013